Ini Langkah Nyata Parpol Cegah dan Tangani Covid-19 di Sultra

49

Beritaklick.com.KENDARI – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sultra (Kesbangpol) kembali menggelar Talk Show secara langsung, Sabtu (16/5/2020) siang. Ini adalah sesi ketiga dari empat sesi yang direncanakan.

Talk show kali ini mengangkat tema yang cukup menarik untuk disimak yakni bagaimana “Peran Nyata Partai Politik dalam Mencegah dan Penanganan Covid-19”.

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Sultra, Parinringi SE, MSi mengungkapkan bahwa peran nyata yang harus dilakukan dalam mencegah dan penanganan Covid-19 yaitu bertindak cepat diberbagai aspek, antara lain menyiapkan semua kebutuhan masyarakat.

Pasalnya pemerintah Provinsi Sultra, kata dia, telah menyiapkan anggaran di 2020 ini untuk difokuskan terhadap penanganan Covid-19 sekitar Rp400 miliar. Dana tersebut akan diporsikan pada aspek kesehatan, ekonomi dan inventarisasi karyawan yang dirumahkan.

Dia menuturkan, memutus mata rantai ini harus dilakukan bersama-sama semua elemen, baik itu masyarakat, lembaga atau organisasi dan pemerintah. Lintas keluar masuk yang masih bebas diakses menyebabkan peningkatan jumlah pasien positif di Sultra. Olehnya itu, semua elemen harus berperan aktif dalam mencegah Covid-19.

“Penguatan kelembagaan juga sangat penting dilakukan untuk bersinergi memberikan informasi ke masyarakat sehingga bisa paham penanganan Covid-19 ini. Terpenting sekarang bukan lagi waktunya mengkritik, tapi bagaimana bertindak cepat untuk pencegahan,” ungkap Parinringi saat talkshow di posko penanganan Covid-19 Sultra, Sabtu (16/5).

Dia menjelaskan, parpol juga banyak melakukan imbauan-imbauan kepada masyarakat soal bagaimana mencegah mata rantai covid-19. Pihaknya sangat mengharapkan peran nyata dari organisasi partai politik dalam mencegah Covid-19.

Perwakilan partai Nasdem Sultra, Abdul Razak mengungkapkan, adapun langkah-langkah tegas yang dilakukan partai Nasdem yaitu bersinergi dengan pemerintah, lembaga-lembaga yang lain seperti organisasi partai politik. Nasdem sangat mendukung sinergitas yang terjadi selama ini.

Dia mengatakan, langkah yang dilakukan ada tiga dari partai Nasdem antara lain, pertama advokasi memberikan pemahaman pada masyarakat bagaimana mencegah penularan virus corona.

“Ini harus dipahami oleh masyarakat sehingga mereka bisa melakukan sendiri dalam keluarga,”-ucapnya.

Kedua, menyiapkan fasilitas seperti masker, hand sanitaizer dan alat pelindung diri. Kemudian ketiga, pembatasan sosial dan physical distancing.

“Jadi, tiga komponen utama ini baka menjadi pokok pemikiran kita secara bersama-sama untuk melakukan langkah antisipasi,” ujarnya.

Pihaknya sudah melakukan langkah tersebut mulai dari DPP, DPD dan DPW untuk penyemprotan dirumah warga, tempat ibadah, pembagian masker, sembako, APD untuk memproteksi petugas kesehatan.

Sementara itu, perwakilan partai Golkar, Yani Muluk menuturkan, Golkar juga sudah melakukan langka nyata pencegahan Covid-19 antara lain, seluruh pasar di wilayah Kendari dilakukan penyemprotan disinfektan, pembagian sembako, masker, APD dan lain-lain.

“Untuk mencegah Covid-19 perlu dikuatkan imunitas terhadap diri sendiri, karena virus hanya bisa dicegah dengan ketahanan tubuh,” cetusnya.

Hal senada diungkapkan oleh perwakilan partai PAN Sultra, Bahar. Katanya, sebagai sarana komunikasi dalam menyalurkan aspirasi masyarakat, partai politik melalui perwakilan di legislatif memiliki peranan untuk melakukan pengawasan anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Anggaran yang sudah ditetapkan untuk penanganan virus corona harus efektif, tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan. Olehnya peran nyata partai politik sangat penting untuk penanganan Covid-19,” tutupnya. (r5/hdi)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU