Fraksi Demokrat Muna, Warning Eksekutif  Untuk Segera Menyerahkan LKPJ 2019

158

RAHA,BERITAKLICK.COM-Ketua Fraksi Partai Demokrat Kabupaten Muna, Awal Jaya Bolombo mengingatkan (mewarning) Pemerintah Daerah Kabupaten Muna untuk segera menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2019 kepada Dewan Perwakikan Rakyat Daerah (DPRD) Muna.

Hal itu disampaikan Awal Jaya Bolombo ketika diwawancarai jurnalis Rakyat Sultra,Minggu (3/5/2020). Pria yang akrab disapa AJB ini mengatakan, penyerahan LKPJ harus dilakukan paling lambat tiga bulan setelah berakhirnya tahun anggaran, sesuai amanah Peraturan Pemeeintah (PP) Nomor 3 tahun 2007 .

Namun hingga memasuki bulan Mei 2010, LKPJ Bupati Muna tahun 2019 belum juga disampaikan ke DPRD. “Saya sudah kroschek di Sekretariat DPRD Muna, belum ada LKPJ yang maauk ke DPRD,”pungkasnya. Atas keterlambatan ini ia menilai, Bupati Muna tidak patuh terhadap Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah (PP).

Legislator dua periode ini menegaskan, penyampaian LKPJ ini adalah kewajiban konstitusional Bupati yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang terkandung makna refleksi dari nilai-nilai akuntabilitas dan wahana untuk menganalisis kondisi, seputar permasalahan dan kinerja pemerintahan di tahun sebelumnya

Olehnya itu AJB mendorong Pemkab Muna untuk segera menyerahkan LKPJ Bupati Muna tahun 2019 untuk mendorong tumbuhnya obyektifitas dalam memotret kinerja pemerintah daerah yang dilandasi semangat kemitraan yang saling melengkapi, saling mengisi, dan saling berbagi peran dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan publik.
(sra/kilck/wan)