Dikbud Sultra Apresiasi Lomba Video Kreatif Unsultra

25
Drs Asrun Lio MHum PHD

 

KENDARI – Lomba video kreatif bartajuk pencegahan dan menanganan Virus Corona (Covid-19) tingkat mahasiswa dan siswa yang dilaksanakan oleh Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) sangat diapresiasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Berdasarkan hasil pengumuman pada Senin (4/5) oleh tim juri dengan memperhatikan protokol kesehatan, yakni menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Yuni Permatasari dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsultra dan Mufli Ridha Bustam perwakilan siswa SMAN 4 Kendari, berhasil meraih juara pertama.

 

Vidio konfrens Kadinas Sultra pihak unsultra dan peserta lomba. (klic/put)

 

Plt Dikbud Sultra yang juga Ketua Satgas Area Pendidikan Percepatan Penanganan Covid-19, Drs Asrun Lio MHum PHD mengungkapkan bahwa dirinya sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Unsultra yang telah menginisiasi lomba video kreatif pencegahan dan penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang sangat menarik. Pencegahan dan penanganan Covid-19 tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, dibutuhkan kesadaran secara bersama-sama untuk mewujudkan percepatan Penanganan wabah Corona ini.

“Jadi Masyarakat yang belum mengerti terkait penanganan Covid-19, semoga dengan kehadiran video kreatif ini dapat memberikan pemahaman dan edukasi yang baik,” ungkapnya, Senin (4/5).

Video kreatif yang sudah dihasilkan, kata dia, tidak berhenti sampai dilomba ini saja, melainkan Unsultra diharapkan dapat mempublikasikan ketingkat yang lebih tinggi, apakah melalui media lokal atau nasional agar menjadi bahan laporan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI.

“Saya berharap, video kreatif pencegahan dan penanganan Covid-19 ini, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat sehingga mempercepat situasi normal kembali,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unsultra Prof Andi Bahrun menuturkan, ada 20 video kreatif tingkat SMA dan 18 video tingkat mahasiswa lingkup Unsultra yang masuk dan di nilai dewan juri, setelah diseleksi dan terpilih 10 terbaik SMA dan 6 untuk mahasiswa.

Ia menjelaskan, juara 1 sampai 3 mendapatkan piagam penghargaan, piala, uang tunai dan piagam penghargaan sekolah asal atau kampus. Sedangkan terbaik 4-10 tingkat SMA dan terbaik 4-6 tingkat mahasiswa masing-masing akan dicantumkan pada piagam penghargaan.

“Jadi para pemenang ini, mengukir sejarah hidup ditengah pandemi Covid-19 dalam video kreatif yang bakal menjadi calon pemimpin masa depan. Hari ini kalian (siswa dan mahasiswa) senang tapi ada yang lebih senang yakni keluarga, sekolah dan ini bernilai ibadah dibulan suci Ramadan,” tuturnya.

Ia berharap, video kreatif yang diciptakan ini, semoga bermanfaat, beredukasi, serta bernilai pahala disisi Allah Subhanahu wa ta’ala.

“Ide-ide kreatif mahasiswa dan siswa sebagai generasi masa depan. Tidak berhenti sampai disini, lomba ini sebagai awal untuk menciptan lebih banyak lagi kreatifitas yang bermanfaat bagi banyak orang,”

Diketahui, Tim Juri lomba video kreatif Unsultra yakni, Plt Dikbud Sultra, Rektor Unsultra, Event Organizer (EO) RRI Kendari Drimulio Sulyanto, Teknologi Informasi (IT) Unsultra Muh Abdillah Rahmat. (klic/Cr5/hum)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU