Cara Ratusan Ribu Toko Kelontong Mencegah Penyebaran Covid-19

35
Ilustrasi Covid-19

 

JAKARTA – Pandemi Virus Corona (COVID-19) mengakibatkan semua lini kehidupan sangat terdampak. Salah satunya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), karena banyak masyarakat kini mengubah pola konsumsinya.

Menghadapi kondisi yang ada, SRC (Sampoerna Retail Community) sebagai komunitas toko kelontong masa kini, mencoba mengambil peran mendukung pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19.

Banyak inisiatif yang telah dilakukan para pemilik toko SRC sebagai tindakan preventif penyebaran Covid-19. Di antaranya, membuat pembatas transparan di meja kasir, menggunakan masker dan penutup muka transparan dan memberikan pembatas jarak antri untuk konsumen.

Langkah lain, menyediakan tempat cuci tangan, menyediakan hand sanitizer, melakukan promosi digital di aplikasi“AYO SRC”, serta membuka layanan pemesanan secara daring.

“Kami semua melakukan tindakan preventif terhadap penyebaran Covid-19 ini agar pelanggan dapat berbelanja lebih nyaman untuk memenuhi kebutuhannya. Kami juga ingin agar tetap memiliki penghasilan untuk menghidupi keluarga kami,” ujar pemilik SRC Salim di Bilangan Jakarta Selatan Pak Salim, dalam pesan tertulis, Kamis (14/5).

Untuk diketahui, SRC telah memberdayakan lebih dari 120 ribu toko kelontong di seluruh Provinsi di Indonesia, memasuki usia ke-12 tahun.

Menurut Kepala Urusan Pengembangan Bisnis Komersial SRC Henny Susanto, pihaknya akan secara langsung membantu menyebarkan semangat positif dalam menghadapi situasi pandemi Covid-19 ini. Tidak hanya di antara para pemilik toko kelontong, namun juga di lingkungan sekitar toko-toko kelontong yang ada.

“Kami menginisiasi gerakan Bersama Toko Kelontong #KitaSalingMenolong sebagai upaya memberi kenyamanan konsumen dalam berbelanja, dengan cara menerapkan tindakan preventif yang sesuai dengan arahan Pemerintah,” ucapnya.

Menurut Henny, pihaknya juga melakukan edukasi tindakan preventif melalui aplikasi “AYO SRC”.

Pemilik toko SRC didorong menjalankan aktivitas “Bersama Lawan Covid19” sebagai bentuk nyata peran aktif toko SRC dalam melakukan tindakan preventif, sekaligus melakukan edukasi bagi masyarakat di sekitarnya.

“SRC juga memberikan bentuk dukungan lain kepada pemerintah guna memotong mata rantai penyebaran Covid-19, yaitu dengan memberikan 650 ribu masker kain dan 80 ribu liter cairan hand sanitizer kepada ratusan ribu toko SRC di Indonesia,” pungkas Henny.(klick/gir/jpnn)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU