PWRI Sultra Jalin Kerja Sama dengan BPJS Kesehatan

348

Foto: Sosialisasi BPJS Sultra kersama dengan PWRI Sultra di Kendari, Selasa (29/1/2019).

Beritaklick.com | KENDARI – Pengurus Provinsi Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Sultra menjalin kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan Kendari.

Dalam kerja sama itu, kedua lembaga sepakat melakukan dua hal. Pertama mereka melaksanakan sosialisasi mengenai regulasi baru yang dikeluarkan pemerintah dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum termasuk di dalamnya pensiunan dan pegawai negeri sipil.

Kedua, mengadakan penyuluhan kesehatan bagi usia lanjut. Penyuluhan ini diberikan supaya warga yang berusia lanjut mampu memelihara kesehatan agar tetap produktif dan tetap beraktivitas.

Kegiatan sosialiasi dan penyuluhan itu digelar di Bapelkes Kendari, belum lama ini. Kegiatan yang diikuti pensiunan di Kota Kendari sekira 300 orang tersebut turut mengundang legiun veteran dan Pepabri.

Adapun narasumber pada kegiatan itu adalah perwakilan BPJS Kendari, Alamsyah dan dr Amri.

Ketua Pengurus Provinsi PWRI Sultra, Yusran A Silondae, Kamis (31-1/2019 menjelaskan, pihaknya sengaja membuat kegiatan ini untuk membantu pensiunan dalam rangka pergantian kartu Askes yang lama ke kartu BPJS yang baru.

“Melalui PWRI, kita bantu para pensiunan ini dalam rangka pengurusan kartu baru. Jadi begitu mereka serahkan semua persyaratan, langsung ditindaklanjuti pihak BPJS Kesehatan supaya kartu baru segera diterbitkan. Ini bukan hanya kepada pensiunan tapi juga keluarga-keluarganya,” ungkap Yusran Silondae yang juga anggota DPD RI asal Sultra tersebut.

Dia mengimbau anggota PWRI yang belum hadir dalam sosialisasi bisa segera ke kantor BPJS Kesehatan untuk mengurus pergantian kartu baru.

Pergantian kartu baru ini penting guna memudahkan para pensiunan dan anggota keluarganya mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Jangan sampai pada saat mereka mau dapat pelayanan kesehatan, ada hambatan yang dialami gara gara kartunya belum diganti. Bagi anggota PWRI yang ada di Kendari bisa mengganti kartu Askes-nya menjadi kartu BPJS Kesehatan yang baru ke Kantor BPJS Kesehatan Kendari dengan membawa kelengkapan-kelengkapan seperti kartu Askes lama, KTP, kartu pensiun dan kartu keluarga,” imbaunya.

Yusran yang juga calon Anggota DPD RI dapil Sultra ini mengungkapkan, di samping dilaksanakan di tingkat provinsi, pihaknya akan menggelar kegiatan serupa di tingkat kabupaten kota pada bulan mendatang.

“Kita akan laksanakan (kegiatan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan ini) di kabupaten terdekat pada Februari 2019,” akunya.

PWRI Sultra merupakan organisasi tempat berhimpunannya para pensiunan sipil baik pensiunan instansi vertikal dan instansi otonom, termasuk pensiunan BUMN dan BUMD.

“Jadi satu-satunya wadah berhimpunnya pensiunan pegawai adalah di PWRI. PWRI sendiri punya anggota di Sultra sekira 27 ribu orang ,” tutupnya. (P9/idu)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar