Deteksi Dini Tumor Payudara, Yayasan KPF Gelar Pelatihan ‘Sadari’

372

Foto bersama pada Pelatihan ‘Sadari’ yang digelar Yayasan KPF.

Beritaklick.com | Kendari – Yayasan Komunitas Pink Fighter (KPF) Sultra menggelar pelatihan Sadari (periksa payudara sendiri) di PMCC Kota Kendari, Jumat (1/2/2019).

Ketua Yayasan KPF, Dr.dr.I Md Christian Binekada, M .Repro, Sp.B(K) Onk menjelaskan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini agar peserta diharapkan mampu melakukan “sadari” .

Pemeriksaan payudara sendiri dapat membantu seorang wanita mendeteksi suatu tumor atau kelainan pada suatu payudara. Pemeriksaan ini sangat mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa menit.

Perserta yang hadir dalam kegiatan ini dari Akademisi Poltekkes , Akademi kesehatan Mandala Waluya , universitas UHO, Avicenna , dan Dinas kesehatan kota kendari , Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota kendari

Untuk diketahui Yayasan KPF ini berdiri karena suatu inovasi yang dilakukan akademisi para alumni doktor Unhas putra daerah Kendari, ingin merintis suatu gerakan yaitu gerakan sayang perempuan yang salah satunya kasus yang paling banyak menggerogoti kaum perempuan adalah kanker payudara.

Dari situlah bermula inovasi ini berlanjut sehingga sampai sekarang sejumlah kegiatan yang sudah berhasil dikerjakan oleh yayasan KPF yang terbentuk di awal tahun 2018.

Dr. Christian Binekada berharap dengan adanya KPF ini kita mempunyai visi misi besar bahwa Kota Kendari ini di tahun 2025 diharapkan kita bebas kanker payudara stadium lanjut. (p9/idu)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar