TKI Tuti Tursilawaty Dilaporkan Dieksekusi Mati di Saudi

25

Beritaklick.com | Pemerintah Arab Saudi kembali mengeksekusi mati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atas nama Tuti Tursilawaty pada Senin, (29/10). Menurut keterangan yang diterima awak media dari Migrant Care, eksekusi tersebut dilakukan tanpa notifikasi kepada perwakilan RI di Saudi.

“Situasi tersebut memperlihatkan bahwa ketertutupan informasi adalah upaya untuk menutup-nutupi berbagai pelanggaran hak asasi manusia di Saudi Arabia, terutama hak asasi yang paling dasar, hak atas kehidupan,” kata Direktur Eksekutif Migrant CARE Wahyu Susilo dalam keterangan tertulisnya.

Wahyu menambahkan, Migrant CARE mengecam keras eksekusi tersebut dan mendesak Pemerintah Indonesia melakukan langkah-langkah diplomasi yang signifikan untuk memprotes Saudi yang tetap tidak berubah terkait dengan penghormatan terhadap hak asasi manusia, dan kepatuhan pada tata krama diplomasi internasional mengenai Mandatory Consular Notification.

“Migrant CARE mengingatkan kepada Presiden Jokowi untuk benar-benar serius merespons situasi seperti ini,” tambah Wahyu.

Sebelumnya, pada saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Saudi, Presiden Jokowi meminta Saudi memberikan perlindungan pada buruh migran Indonesia dan serius menuntaskan kasus Khashoggie.

“Ternyata permintaan tersebut diabaikan oleh Saudi Arabia dengan tindakan eksekusi terhadap Tuty Tursilawati bahkan tanpa memberikan konsultasi,” ujar Wahyu.

Tuti Tursilawati berangkat ke Arab Saudi pada 2009. Tuti bekerja sebagai penjaga lansia pada sebuah keluarga di Kota Thaif. Pada 2010 Tuti didakwa membunuh majikannya, Suud Malhaq al-Utibi.

Dari penjelasan yang diterima pihak keluarga sebelumnya, tindakan pembunuhan yang dilakukan Tuti kepada majikannya adalah pembelaan diri, sebab Tuti sering mendapat tindakan kekerasan, termasuk ancaman pemerkosaan. (fjr)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU