Pariwisata Wakatobi Kebagian Anggaran Terbesar di Indonesia

250

Foto: Keindahan bawah laut Wakatobi menakjubkan. | Foto: Nadar.

BERITAKLICK.COM | WAKATOBI – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi melalui Dinas Pariwisata dan Kreatif(Disparkref) tahun ini mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI sebesar Rp 13,7 Miliar. Anggaran tersebut terbesar seIndonesia dibanding daerah lain, sama halnya juga tahun lalu senilai Rp 10 Miliar.

Dana itu dialokasikan untuk penataan objek pariwisata mulai dari Wangiwangi sampai kawasan kepulauan, Kaledupa, Tomia dan Binongko. Di antaranya, lanjutan pembangunan dan pengadaan Dive Center Hoga, penataan kawasan Puncak Kahianga, Tomia dan penataan daya tarik wisata kawasan Mari Mabuk, Tomia.

“Lebih dari 10 objek pariwista di beberapa pulau di Wakatobi diporsikan melalui DAK tahun ini. Penataan kawasan pariwista ini telah dilakukan secara bertahap. Setiap tahun, pemerintah pusat memberi dukungan untuk peningkatan kawasan pariwisata Wakatobi,” jelas Kadis Pariwisata Wakatobi, Nadar beberapa waktu lalu.

Hal senada diungkapkan Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Disparekraf Wakatobi, La Ode Kaslan.

“Tidak hanya fokus pada pembangunan di ibukota kabupaten saja, di Kaledupa, Tomia, dan Binongko juga dapat bagian di DAK ini. Pembangunan dan pengadaan Dive Center Sombu, penataan Tadu Sangia, Kampa Tomia, pusat Kuliner By Pass Wanci, lanjutan penataan titik labuh Jeti Apung, Puncak Toliamba, TIC pulau Binongko dan pulau Kaledupa dan beberapa objek pariwisata lainnya yang kita miliki,” terangnya. (p14/aji).

Baca Juga !
Tinggalkan komentar