ND Juara Karaoke, Pasien RSJ Kendari Ini Pandai Berbahasa Inggris

5

ND (kiri) bersama teman di perawatan RSJ Kendari. Foto ashry

Britaklick.com | KENDARI – Salah satu pasien (RSJ) Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Kendari berinisial ND (19) yang beralamat di Desa Bumi Raya Andoolo, Kababupaten Konawe Selatan, meski mengalami gangguan kejiwaan dirinya memiliki kemampuan berbahasa Inggris.

Dalam perlombaan yang diselenggarakan oleh Harian Rakuat Sultra bekerja sama dengan RSJ Kendari Rumah Aspirasi Umar Arsal, ND mengiikuti lomba karaoke dengan penuh percaya diri, dan ia keluar sebagai juara pertama.

Salah seorang perawat RSJ Kendari, suster Ola, ND mengatakan awalnya dia ini gelisah kemudian dia mengarah ke (PK) atau resiko prilaku kekerasan.

“Jadi dia berawal dari halusinasi mungkin ada yang menyuruh dia untuk melakukan hal itu, setelah itu ia dibawa ke sini diberi perawatan dan seperti inilah keadaanya sekarang,” ungkapnya kepada wartawan britaklick.com, Sabtu (18/8/2018).

Sebenarnya ND sudah berulang kali masuk RSJ, sejak 2016 lalu pernah masuk, dan masuk kembali sekitar (8/8/2018), Untuk sembuh dari penyakinya dirinya disarankan rutin mengonsumsi obat dalam satu minggu atau dua minggu.

Lanjut Suster Ola, dia pernah keluar dan masuk kembali kira-kira sekitar dua minggu yang lalu, jadi dia ini sudah tiga kali masuk RSJ, dia bisa kembali normal seperti semula, yang penting intinya terapinya tetap berjalan terus tanpa jedah, dia akan tetap kembali seperti semula,” Jelas Ola.

Harapan Ola yaitu ND, cepat sehat tidak kembali lagi dan bakatnya bisa tersalurkan kemudian bisa lanjutkan kuliahnya.

ND pernah kuliah di kampus Universitas Haluoleo Kendari jurusan Sastra Inggris.

Perlu diketahui pengidap Skizofrenia adalah penyakit gangguan mental, kronis dan penderitanya mengalami delusi, halusinasi, pikiran kacau, dan perubahan perilaku.

Kondisi yang biasanya berlangsung lama ini sering diartikan gangguan mental meningat sulitnya penderita membedakan antara kenyataan dengan pikiran sendiri.

Dijelaskan, penyakit yang dialami ND ini bisa diidap siapa saja baik laki-laki maupun perempuan yang kisaran usia 15-35 tahun merupakan usia yang paling rentan terkena kondisi ini.(P1/idu)

Komentar Facebook

BERITA TERBARU

BERITA TERBARU