Kemenkop dan UKM bersama PHDI Tandatangani MoU Pemberdayaan Ekonomi Umat

177

Beritaklick.com | KENDARI – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Republik Indonesia telah banyak menerapkan aplikasi program pemerintah untuk meningkatkan kewirausaaan. Sekaligus memberikan peran kepada koperasi dan UMKM untuk memberikan pemerataan kesejahteraan.

Menteri Koperasi dan UKM RI, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga melaunching program strategis kementerian koperasi dan UKM yaitu pembekalan kewirausahaan dan pelatihan vocational keterampilan teknis bagi SDM UMKM. Menteri Puspayoga juga melakukan penandantangan MoU dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Sultra tentang pemberdayaan ekonomi umat, Jumat (31/8/18).

Pada penandatanganan MoU tersebut turut hadir Ketua Umum PHDI Pusat Wisnubawa Tenaya, PJ gubernur Sulawesi Tenggara Teguh Setyabudi, Plt Deputi Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, Rt Rosdiana Sipayung.

Perekonomian Provinsi Sulawesi Tenggara pada triwulun II – 2018 mengalami pertumbuhan sebesar 7,18 % lebih tinggi di bandingkan triwulan sebelumnya sebesar 6.42 % dari sisi produksi. Seiring dengan terus meningkatnya perekonomian Sultra tentunya ini tidak terlepas dari semakin luasnya aktivitas masyarakat pada berbagai bidang ekonomi terutama UMKM yang terus mengembangkan usahanya.

Dalam sambutannya Pj Gubernur setya budi Berharap bahwa apa yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI dapat memberikan dampak positif kepada msyarakat terutama dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM di Sultra.

“Saya mengharapkan pada semua umat beragama khususnya umat hindu untuk senantiasa menjaga tali silahturahmi , kerukunan antar umat beragama dan kerjasama dengan pemerintah dalam membangun daerah Provinsi Sulawesi Tenggara yang kita cintai ini dengan penuh kedamaian dan rasa aman,” katanya.

Menteri Puspayoga juga menekankan koperasi itu harus dikelola secara profesional.

“Peningkatakan ekonomi harus juga disertai upaya masyarakat Indonesia sendiri agar kesejahteraanya juga meningkat. Terlebih kita tahu bersama bahwa bapak presiden sangat komitmken kepada koperasi dan UKM di Indonesia,“ tambahnya .

Sementara itu Ketua PHDI Indonesia, Wisnubawa Tenaya mengajak anak muda Indonesia untuk berwirausaha dan punya semangat untuk mandiri demi memajukan ekonomi kerakyataan. “Penandatanganan MoU hari ini kita manfaatkan dengan baik ,serius dan fokus memajukan ekonomi kerakyatan,” tegasnya. (p9/ian)

Baca Juga !
Tinggalkan komentar